BEBERAPA STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN :
1. Berikan produk yang berkualitas, serta bebas dari kerusakan
ataupun kecacatan saat sampai di tangan pelanggan. Sebaiknya cek
terlebih dahulu kualitas produk atau jasa yang akan diberikan kepada
pelanggan
2. Berikan kualitas pelayanan yang ramah, ketepatan waktu
penyampaian, serta menggunakan sistem yang mudah dipahami para
pelanggan. Sehingga para pelanggan tidak merasa kesulitan dengan
pelayanan yang diberikan, baik pelayanan langsung maupun pelayanan
online
3. Fokus pada kepentingan atau pencapaian kepuasan pelanggan,
sehingga produk serta pelayanan yang diberikan dapat memenuhi harapan
pelanggan
4. Memperhatikan harga produk maupun biaya pelayanan yang sesuai
dengan kondisi pasar saat ini, serta sesuaikan dengan nilai produk atau
jasa yang ditawarkkan. Karena pelanggan akan membandingkan antara biaya
yang dikeluarkan dengan manfaat yang diperoleh dari suatu produk
5. Berikan jaminan keamanan dari produk maupun pelayanan yang
diberikan, sehingga para pelanggan percaya dengan produk ataupun jasa
yang ditawakan dan akan terus menjadi pelanggan setia perusahaan kita.
Misalnya dengan mencantumkan ijin dari Badan POM bagi produk makanan dan
obat.
Setelah memiliki beberapa strategi yang dapat digunakan untuk
meningkatkan kepuasan pelanggan, langkah berikutnya Anda dapat mengukur
kepuasan pelanggan Anda dengan beberapa cara sederhana berikut :
1. Menggunakan sistem saran dan kritik dari para pelanggan. Misalnya
dengan menyediakan kotak saran maupun kritik, atau menyediakan layanan
telepon suara konsumen
2. Dengan mengadakan survey kepuasan pelanggan. Biasanya dilakukan
dengan memberikan kuesioner pada pelanggan yang sedang membeli produk
kita, atau dapat juga melakukan survey dengan melakukan telepon acak
untuk menanyakan pelayanan yang selama ini telah diberikan
3. Dengan mencoba menghubungi kembali pelanggan yang sudah lama tidak
membeli produk kita. Sehingga kita bisa mengetahui penyebab mereka
berhenti berlangganan, apakah karena kecewa dengan produk kita atau
karena ada faktor lain. Sehingga kita dapat mengevaluasi produk serta
pelayanan yang selama ini diberikan Dengan adanya penilaian kepuasan
pelanggan kita dapat mengetahui kebutuhan yang diinginkan para
pelanggan. Yang berpengaruh pula terhadap omset penjualan produk. Untuk
itu berikan pelayanan prima bagi setiap pelanggan Anda, agar mereka
merasa senang dan nyaman dengan produk kita.
Kepuasan pelanggan
yaitu respon atau tanggapan yang diberikan para konsumen setelah
terpenuhinya kebutuhan mereka akan sebuah produk ataupun jasa, sehingga
para konsumen memperoleh rasa nyaman dan senang karena harapannya telah
terpenuhi. Selain itu kepuasan pelanggan juga sering dijadikan sebagai
salah satu tujuan utama dari strategi pemasaran bisnis, baik bisnis yang dijalankan dengan memproduksi barang maupun bisnis jasa.
Keberhasilan strategi pemasaran
suatu usaha dapat dicapai jika kepuasan pelanggan telah terpenuhi.
Namun untuk memperoleh kepuasan pelanggan tidaklah mudah, karena tiap
pelanggan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda – beda walaupun
membutuhkan produk yang sama. Proses pemenuhan kepuasan pelanggan tidak
hanya membutuhkan produk atau jasa yang berkualitas saja, namun juga
membutuhkan adanya sistem pelayanan yang mendukung. Sehingga para
pelanggan akan merasa senang dengan produk atau jasa yang dibutuhkan,
serta nyaman dengan pelayanan yang diberikan
Adanya kepuasan pelanggan ternyata juga dapat mempengaruhi omset
penjualan yang dihasilkan. Jika pelanggan merasa puas akan suatu produk
maka permintaan akan meningkat dan omset penjualan pun ikut naik,
sebaliknya jika pelanggan tidak merasa puas maka permintaan akan menurun
begitu juga dengan omset penjualannya. Hal penting lainnya yang harus
diperhatikan yaitu, pelanggan yang kurang puas dengan suatu produk tidak
akan membeli ataupun menggunakan lagi produk yang kita tawarkan. Selain
itu pelanggan yang kurang puas juga dapat menceritakan kepada konsumen
lain tentang keburukan produk yang mereka dapatkan, sehingga dapat
menimbulkan citra buruk di kalangan para konsumen.
sumber : http://pubeemmanaomi.wordpress.com/2012/01/17/strategi-pemasaran-untuk-mencapai-kepuasan-konsumen/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar